Teruntuk para pengunjung tabloid dunia maya Sastra Langit disilakan untuk meninggalkan komentar dan masukan di buku tamu ini. Semoga ruang ini bisa menjadi jembatan bagi kru Sastra Langit dengan pengunjung setianya.

94 responses »

  1. nafsiah zahirah says:

    keren..subhannallah..

  2. Syarifpoentix says:

    Dr mu ku mengerti hidup,cinta dan luka

    • amirul ulum says:

      SINOPSIS NOVEL “DI BAWAH NAUNGAN KA’BAH”
      Oleh: Amirul Ulum
      Novel ini menceritakan tentang kisah cinta antara putra ulama karismatik dengan putri pastur. Namanya Abdullah Abbas (gus Abbas) dan Eka Kristin Elisabet. Sebelum bertemu, keduanya ditimpa suatu ujian yang sangat berat. Mulanya gus Abbas ingin dijodohkan dengan neng Nihayatus Sa’adah (neng Neha) putri kiai Faruq yang merupakan salah satu ulama terkemuka. Namun perjodohan itu ditolak oleh Abbas, sebab neng Neha sudah dicintai oleh kang Hasan (teman gus Abbas). Dia tidak mau menyakiti hati saudaranya tersebut. Sebenarnya keputusan ini berat dan pahit. Namun, harus dilakukan demi menjaga perasaan kang Hasan. Gus Abbas memasrahkan semua yang dia lakukan kepada Allah. Allah lebih mengetahui apa yang akan terjadi pada diri gus Abbas. Ibunya gus Abbas (ummi Istiqomah) menyalahkan keputusannya yang menolak perjodohannya dengan neng Neha. Ummi Istiqomah ingin neng Neha jadi menantunya. Namun ada juga yang mengerti akan sikap bijak yang dilakukan oleh gus Abbas, seperti kiai Zaen (ayah gus Abbas). Abahnya ini mengerti betul sikap putranya sejak kecil yang tidak pernah menyakiti kedua orang tuanya. Beliau berfirasat bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan kondisi putranya. Dalam masalah ini, kiai Zaen mempunyai suatu keyakinan yang kuat bahwa semua keputusan gus Abbas ini sudah dilakukan dengan fikiran yang matang dan penuh pertimbangan.
      Dengan perasaan yang berat, gus Abbas harus menghadiri pernikahan kang Hasan dan neng Neha. Sebenarnya dia tidak punya keinginan untuk hadir, tapi dia tidak tega melihat temannya yang sedang dalam kebahagiaan harus ditinggalkan dalam acara pentingnya. Gus Abbas hadir dengan membawa raut muka yang menampakan rasa senang dan bahagia. Namun, sebenarnya hatinya bersedih.
      Segala perbuatan manusia itu sudah diatur oleh Allah. Konsep inilah yang dipegang oleh gus Abbas. Dia tidak mau larut dalam kesedihan yang hanya akan menjadikan dirinya rugi. Dia selalu mengisi waktunya dengan hal kebaikan sebagaimana kiai Zaen. Dia tidak mau larut dalam kesedihan yang tidak ada gunanya. Sesuatu yang hilang apabila diserahkan kepada Allah, niscaya Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik.

      Dengan sikap mulia tersebut, akhirnya gus Abbas dapat menemukan jawabannya ketika dia menikah dengan Kristin. Kristin adalah seorang penganut Nasrani yang menjadi muslimah sebab jasanya gus Abbas. Mulanya Kristin adalah gadis yang selalu terzalimi. Suatu ketika dia ingin dizalimi oleh Andre, Namun, tertolong oleh gus Abbas. Gus Abbas kaget ternyata orang yang dia tolong adalah penganut Nasrani. Dia berusaha untuk menghindar dari gadis tersebut, meskipun sebenarnya hatinya ada rasa. Rasa itu dia kubur sedalam-dalamnya, sebab tercuma saja, pernikahan antara Islam dan Kristen tidak dibenarkan oleh agama Islam.

      Perasaan cinta juga dialami oleh Kristin. Bahkan rasa cintanya melebihi yang dialami gus Abbas. Gus Abbas menolak cinta Kristin dengan alasan perbedaan agama. Dan juga, dia menolak cinta Kristin ketika dia masuk Islam hanya karena menyintainya. Dengan sikap gus Abbas yang tegas ini, akhirnya Kristin menyadari akan dirinya. Akhirnya, dia mempelajari Islam sedalam-dalamnya dengan penuh keihlasan hingga mencapai jati dirinya. Setelah itu, dia tidak mau dikatakan bahwa dia masuk Islam karena cinta, meskipun awalnya seperti itu. Dia mengatakan kepada gus Abbas bahwa Islamnya timbul karena ilmu dan hidayah Allah bukan karena cinta. Akhirnya, cinta Kristin diterima oleh gus Abbas.

      Setelah menempuh perjalan yang penjang untuk melamar Kristin, kiai Zaen mengemukakan suatu wasiat dari gurunya, syaikh Diyauddin Makkah agar putranya dinikahkan setelah melaksanakan ibadah Haji atau Umrah. Pernyataan ini diperkuat oleh syaikh Abdurrauf dengan perintahnya hendaknya pernikahan dikerjakan setelah usai mengelilingi Ka’bah.Yang akhirnya atas usul syaikh Abdurrauf, gus Abbas dan Kristin menikah di kota suci Makkah seusai Thawaf, mengelilingi Ka’bah.

      Keywords : Love. Religion Scholl For Moslem. And pilgrim to Makkah.
      amirul ulum 085226841122

    • amirul ulum says:

      assalamualaikum. wr.wb
      shobat, afwan ikut kirim sinopsis novel karya kami. semoga bermanfaat.

  3. becks says:

    Terlahir
    Hidup
    Mati
    Bangkit
    Diadili
    Surga atau Neraka
    Berharap di Surga bersama Cinta Kasih

  4. sitihapshoh says:

    Assalamu’alaykum wr wb…

    Akhirnya aku menemukanmu dalam tumpukan PR Kehidupanku…
    Ingatkah saat kita berjalan bersama menuju calon rumahmu,
    rasanya aku mempunyai teman untuk berbagi disaat aku tak mampu menceritakan pada yang lain..
    Mba Nafisah, saat ini aku ingin menjadi wanita tegar dalam kerapuhan..
    Aku ingin menjadi wanita sabar dalam keputusasaan..
    Aku ingin menjadi wanita yang lembut dalam kerasnya kehidupan
    karena aku yakin, bahwa hidup hanya sekali..
    selebihnya adalah pertanggungjawaban..
    Semoga ini adalah awal pelita dalam kegelapan
    Ya, menuliskan semua agar menjadi ringan beban di pundak
    dan menjadi inspirasi bagi yang membaca
    Sudilah kiranya membimbing dalam dunia merangkai kata
    Agar asa menunaikan kewajiban fardiyah terlaksana dan ruh jama’ah tetap ada

    Saudari yang mencintaimu karena Allah..
    _Hapshoh_

    • sastralangit says:

      Tiap insan pasti akan menemui terjal dan kerikil di tengah luapan nikmat hidup berupa iman dan Islam. Alloh pun telah menyediakan insan lainnya tuk mau berbagi beban.Insya Alloh ….

  5. Rey Satriany Muhamad Renren Rohmatul Aziz says:

    Asalamu’alaikum,
    maaf sebelumnya,karena saya berani menulis di sini,mas Hernowo yang saya hormati,saya ini termasuk orang suka menulis,oleh karena itu,saya mencoba untuk merealisasikan apa yang saya suka,saya suka membuat Novel,Puisi,ataupun yang lainnya,oleh karena itu,saya mau mencoba menawarkan Novel saya kepada mas Hernowo,barangkali saja mas tertarik dengan Novel saya,walaupun say tak sehandal mas Hernowo,tapi saya memberanikan diri untuk terjun ke dunia ini, intinya,saya mau meminta bantuan mas Hernowo,agar bisa mengangkat novel saya, seandainya saja mas berminat,mas bisa hubungi saya di 085721242841/081909640212
    sebelumnya saya mengucap kan terima kasih, semoga saja apa yang saya cita-citakan,di kabul oleh Tuhan
    Wassalam…

    • sastralangit says:

      wa alaikum salam.

      mohon maaf sebelumnya. saya bukan Mas Hernowo, tapi saya adalah Apu Indragiry. memang saya pernah belajar ‘menulis’ via e-learning dg beliau.

      mungkin Anda kurang tepat membaca info tentang Pemred Sastra Langit.

      Saran dari saya, silakan naskahnya dikirim ke alamat penerbit MIZAN langsung, insya Allah kalau karyanya bagus dan sesuai tren pasar, mungkin mizan akan memertimbangkannya.

      terima kasih telah bertandang ke ranah sastra langit.

      tetap semangat berkarya

      Bogor, 20 Juni 2011
      Apu indragiry (Pemred Sastra Langit)

  6. semoga Allah meridhoi setiap karya dasn perjuangannya . amin !

    http://www.setiawaandisunusi.wordpress.com

  7. daesri says:

    Assalamu’alaikum.Wr.Wb
    Dear sastra langit …
    Ku menemukanmu saat mencari gambar embun pagi …
    Majalah maya yang keren,
    Keep succes …
    Semoga kita tetap bisa menyajikan karya sebagai amal Jariyah sebagaimana pesan Ibnu Qayyum Al Jauzi
    Amien …

    Salam kenal
    Daesri

  8. Muhammad Ade says:

    Assalamualaikum wr.wb Semoga Sastra langit jadi jembatan untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dan Rosulullah SAW. Bolehkan nitip karya amatiran …..!!!

  9. ellakarnova says:

    Alhamdulillah….akhirnya menemukan tempat berdiam yang bermanfaat…bagaimana caranya bila saya ingin berkontribusi ?

  10. zulfa alya says:

    salam…m nafiis ku cari2…akhiry ktm jg…karya2ya mbuat ku terharu mb…nti ku krm karya anak2 homeschooling khoiru ummah pwt…

  11. Alhamdulillah sehat juga kang. Tambah cakep ya blognya. Isinya juga lebih dahsyat. Apu’, syukron ya ilmunya dulu. Akhirnya saya temukan juga khas & gaya tulisan saya sendiri.

    • sastralangit says:

      alhamdulillah, semoga SL menjadi media yg menggugah bara lewat titian sastra.

      alhamdulillah, kalau sudah mempunyai cirikhas kepenulisan sendiri. terus dikembangkan dan diimprove saja

  12. Assalamu’alaykum
    Apu’, apa kabar? Lama sudah tak berkunjung ke sini.

  13. Fauzi Al-Ayubi Malik Ibrahim says:

    Assalamu’alaykum warohmatulloh wabarokatuh …

    ikut ngisi butam,
    Artikelnya sangat bermanfaat untuk kami. terimak gajih

    ahihihihi

    • sastralangit says:

      wa’alaikumussalam warrohmatullohi wabarokatuh

      syukron untuk apresiasinya.Dinanti selalu dukungannya berupa karya yg menggugah dan doa tulus agar keberadaan blog ini bisa menyebar manfaat dan berkah.

  14. pemikir-idelogis says:

    Assalamu’alaykum.wr.wb

    Salam ukhuwah,,Subhanallah akhirnya sampai juga saya mampir nie di gubug sastra langit nie,semoga dapat menginspirasi dan berkonstribusi dalam membangkitkan kembali kebangkitan hakiki umat Muslim,amin ya RObb

    sipppp.. ^_^b

  15. adri says:

    Assalamu Alaikum, salam kenal

  16. adri says:

    Assalamu Alaikum, salam kenal =)

  17. fathimah mar'atun azka says:

    assalamu’alaykum

    semoga terus berjaya baaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnng!!! semangat!!! juga tuk kkQu nafiisah fb!!!
    ^_^
    wassalam

  18. Dini says:

    Assalamu’alaikum… Tok..tok…
    Mau lihat2 yha bg Apu…

  19. zainal arif says:

    semoga menjadi mata pedang, yang mampu membelah waktu denga kebaikan,,,,sastra langit semangat ya,,,,

  20. arashi says:

    ustadz, apa sih beda cerpen ma novel?
    arashi mau suka tulis tapi brenti tengah jalan… ga pd, jelek bener… puisi sih banyak… tapi yg berbalut islam dikit… arashi masih baru aja kenal the real islam sih… (loh..kok nyalahin siey…)

    • sastralangit says:

      Cerpen: atau disebut Cerita Pendek. adalah sebuaha karya sastra dengan batasan halaman, karakter dan tokoh. biasanya panjang cerpen tak lebih dari 3-9 halaman kuarto.

      Novel: Cerita dengan banyak tokoh, alur, konflik lebih banyak dan lebih bisa mengeksplore diri tokohnya daripada cerpen

      Salah satu penghalanga bagi PENULIS PEMULA: tidak PeDe dg tulisannya [merasa jelek dlsb], tak mengapa, itu lumrah bagi penulis pemula, karena apu jua dl pernah merasakannya.

      Yg terpenting adalah menulis, menulis, dan menulis.

      Selamat berkarya! dan mewujudkan mimpimu menjadi NOVELIS HEBAT🙂

  21. kolomkiri says:

    ada yang islami juga ya, jadi pengen lihat karya-karya di blog ini….Alhamdulillah ada yg memerjuangkan sastra Islami…

  22. forester says:

    assalamu’alaikum…
    ga nyangka bisa ktemu pejuang ideologi islam dalam mode sastra. btw karya yang diterbitkan apa hanya terbatas pada cerpen, puisi, or novel ja?

    • sastralangit says:

      wa’alaikumsalam.kalau yg dimaksud adalah karya yg dipampang di halaman blog ini, ada novelet juga.lengkapnya bisa antum lihat di kategori.Syukron sudah mau mampir ke blog sederhana ini.

  23. anak iLang says:

    Assalamualaikum wr. wb

    Keren sasatranya……bang apu’
    Numpang Ngilang sementara disini ah😀

  24. nurcayaR says:

    piizzz,,!! Y ^_^

  25. Halfbrain says:

    Sastralangit, blog ini menerima ‘titipan’ karya sastra dari orang lain gak? ^^
    Sukses ya…

  26. anabel rosetti says:

    oiya ini juga, spesial from italiano =))
    http://anabelrosetti.wordpress.com/2010/02/04/atteggiamento/

  27. anabel rosetti says:

    bang, cekitdot coz cm akhwat yg di tag.heu heu
    http://anabelrosetti.wordpress.com/2010/02/05/hidupmu-hidupku/

  28. adivictoria1924 says:

    wah…. gak pake moderation ya @_@

  29. adivictoria1924 says:

    numpang lewat………

    Assalamu’alikum bradah ^_^

  30. jurnal pemikiran says:

    ooo….ini teh blognya ust apu toh…

    sip sip.

  31. maya says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    seneng rasanya bisa gabung disini…

    semoga selalu sukses n tetap menebarkan rahmatan lil’alamin….

  32. rhiska says:

    rhiska ni mas……….
    keren banget…….
    baru ya?
    yang satu lagi di multiply?

  33. mazaya says:

    Assalamu’alaykum ust ‘apu,,,tetep semangat!!!

  34. mita says:

    assalamu’alaikum….

    numpang istirahat sejenak disini
    membaca tulisan demi tulisan yang menyejukan
    niat hati ingin numpang publish tulisan jg disini, tapi ragu, malu,
    hmm… jadi ntar aja deh🙂

    • sastralangit says:

      wa alaikum salam. Sejenak merehatkan diri dari aktifitas yang berjibun, dan menikmati sesikit hiburan yang berhikmah.

      ditunggu kiriman tulisannya di: sastralangit@yahoo.com tidak perlu malu dan ragu, ataupun pesimis. kirimkan saja. okay… selamat berkarya dengan gubahan kata

  35. abu jundan says:

    sastra langit engga banyak berguna kalau engga segera membuat buku ………….
    tolong bang perhatikan ………………….. kita dukung sepenuhnya untuk menjadi sebuah buku ……………….

  36. satria pembebas says:

    kalau mau partisipasi tulisan bisa?
    ya, belajar sambil berlatih kan lebih baik, sapa tahu bisa “secanggih” bang apu’…

  37. muhammad riduan says:

    banyak sekali novelnya,,

  38. muhammad iduan says:

    aslm.luar bisa sangat bagus sekali,,,,,mudah2 bagi pembaca dapat menkmati ini…

  39. Numpang Nampang sambil Nampung Ilmu🙂

  40. Nur says:

    Numpang ngisi buku tamu ya….

    Semoga tetep istiqomah dan semakin maju aja yach ni situs…
    Amin….

  41. selamat atas launchingnya situs ini, ya.
    teruslah menginspirasi umat mnj cahaya kemenangan.

  42. Kusnady Ar-Razi says:

    Assalamu’alaykum

    Wah…begitu menginspirasi. Saya jadi teringat perkataan Al Ustadz Faudhil Adhim, “Setiap tetes tinta seorang penulis adl darah bagi perubahan peradaban. Kernanya, perhatikanlah bagaimana ujung penamu bergerak”.
    Semoga tarian matapena Apu’ terus meliuk hingga peradaban Islam nan gemilang kembali hadir.

  43. vina says:

    Subhanallah..akhirnya aku baru liat. telat yah bang apu’..
    Bagus ceritanya..penuh makna dari tiap kata.
    Semoga terus diberi keberkahan dalam menulis ni..aamiin..
    Afwan jiddan.. ^_^
    Ditunggu novelnya dikirim ke alamat vina…hehe
    Salam Perjuangan dari kota Hujan…

  44. “Satra Langit”
    bd
    moga Istiqomah dlm Perjuangan ini…, amin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s