330109@nafiisahfb | FB: Bunda Asiif Khairi | PIN 7C9EE866

Seringkali kita menemui jalan buntu ketika ingin menulis. Jangankan untuk menuliskan diksi atau kalimat apa yang mudah dimengerti, untuk menulis tentang apa, itu saja tak.  kunjung ada ide didapati. Kalau tidak tahu cara mengatasinya, yang ada bukannya semangat makin membara, malah membuat mood terjun sebebas-bebasnya.

Lalu bagaimana tips menggali inspirasi sehingga ide-ide “emas” bisa ditangkapi?

1. Dengar lebih teliti, lebih banyak lagi.

Ketika naik angkot, coba simak percakapan, celetukan, ungkapan yang berseliweran. Pasti ada saja inspirasi yang tercuat dari sana. Jika selama ini merasa sudah banyak mendengar, tapi inspirasi tak kunjung datang, bisa jadi itu karena kamu belum menjadikan menulis jadi bagian hidup yang tak terpisahkan. Jadi kurang pedulian. Banyak dengar, banyak yang dilewatkan. Ah sayang!

2. Lebih banyak melihat
Melihat bukan sembarang melihat. Ini melihat tuk mencoba menggali kisah dari sisi yang lain, yang berbeda. Kisah-kisah yang tak biasa kita jalani sehari-hari. Melihat bagaimana mereka tertawa, menangis, berdoa, mengeluh, tersenyum, mengaduh.

3. Banyak baca

Baca apa? Apa saja. Mulai dari jurnal politik, ensiklopedia, hingga brosur atau spanduk yang bertebaran di jalan raya. Masa iya sih tak juga tercuat satu-dua inspirasi? Kalau memang tidak, mungkin memang kamu lebih cocok jadi teknisi bukan penulis sejati.

4. Dalami dirimu

Kisah hidup sendiri sebenarnya menyimpan jutaan inspirasi yang kan melahirkan milyaran ide. Kalau kamu tak segan atau tak malu untuk mengeksplorasi. Ngerasa ga? Ga? Berarti penjelasan ini memang tidak cocok untuk kamu. Karena kamu memang tidak benar-benar memilih menjadi penulis, tapi teknisi atau koki.

Selamat menulis! ^.^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s