karya: Nafiisah FB

Seorang cowok berkalung sarung sedang berjalan santai. Dia tersenyum cerah  sambil membuka kopiah, merapikan jambulnya, lalu kembali mengenakan kopiah lagi

Kini cowok itu sampai ke sebuah mobil. Dia melihat ke mobil itu. Matanya fokus ke spion mobil. Dia mengaca sambil terus tersenyum lebar.

“Ganteng juga gua pake’ beginian! Enggak beda jauh sama Uje! He,he,he.” Cowok itu mengelus-elus kopiah yang bertengger mapan di kepalanya.

Beberapa anak kecil yang bersarung dan membawa buku yang berjalan berlawanan arah perlahan menghentikan langkah. Mereka memperhatikan Si Cowok. Mereka senyum-senyum, bingung.

“Ngapain Bang Jamil di situ?” tanya seorang anak.

“Enggak tahu!” jawab seorang anak lainnya sambil mengangkat bahu.

Yang lain berbisik, “Kaca di rumahnya pecah kali. Jadi ngaca pake spion.”

“Kasihan,” respon anak pertama dan kedua sedih.

Anak-anak masih memperhatikan Jamil, cowok berkopiah itu. Jamil selesai mengaca. Dia puas. Sambil menggerakkan tangan membentuk urutan huruf dia berujar bangga.

“U-JE. Ujang Jamil Kece. Ceileee! Gua emang paling bisa!He,he,he….”

            Jamil hendak melangkah lagi. Dia baru sadar ada anak-anak di dekatnya.

“Eh, ngapain kalian di sini? Bukannya ke mesjid, malah keluyuran!”

“Tapi, Bang ….” Seorang anak mencoba menjelaskan.

Tapi Jamil marah. Dia memotong, “Eh, mau ngeles lo?! Baju udah bagus gitu,bukannya buat sholat. Aaaa, elo pasti boong ye sama orangtua lo ye? Bilang mau ke mesjid, tahunya main!”

Anak-anak kompak mengelak, “Eh, kagak, Bang!”

“Eeeeeh, dasar anak bandel! Harusnya elo tuh latihan, sholat jamaah di mesjid! Biar kalo udah gede, kagak kagok! Contoh gua nih!”

Seorang anak lainnya mencoba merespon, “Tapi, kita kan ….”

“Apa? Banyak PR?! Belum selesai belajar?! Alesan aje lo! Sholat mah kagak lama! Palingan juga lima menit, selesai!”

Jamil menarik tangan Si Anak. “Ayo!”

Anak yang merespon terkahir itu kaget. Tanpa sempat menolak, tangannya sudah digenggam Jamil erat. Dia terpaksa ikut. Teman-temannya bingung.

“Heeelp” teriak Si Anak melihat ke teman-temannya memohon untuk ditolong. Teman-temannya segera berjalan menyusul.

oooooo

             Sesampainya di depan mesjid Jamil melepaskan tangan Si Anak. Si Anak mengibas-mengibaskan tangan, pegal. Dia ngos-ngosan, terseret laju jalan Jamil yang cepat.

“Kok sepi?” Jamil maju selangkah, memperhatikan masjid yang sepi.

Teman-teman Si Anak baru sampai. Mereka tampak terengah mengejar langkah.

“Masjid sepi begini! Gimana bisa dapet berkah kalau enggak ada yang ngeramein?! Makmurin gitu! Ck, ck … padahal dulu jaman Rasulullah, jaman Khulafaur Rasyidin, masjid jadi pusat aktifitas. Ya sholat, diskusi masalah ekonomi, politik, keamanan, musyawararah demi kepentingan masyarakat … semua di masjid! Sekarang sih enggak! Mesjid sepi begini kaya’kuburan!” Jamil protes  sambil geleng-geleng kepala, berlagak ustadz.

Ketiga anak saling pandang. Mereka meringis bingung.

Seorang bapak keluar dari mesjid.

“Eh, Mil! Assalamu’alaikum!”

“Wa … wa’alaikum salam. Loh, kok Bapak keluar?” Jamil kikuk, bingung.

“Saya kan mau pulang,” jawab Si Bapak.

“Pulang? Bapak enggak ikut sholat jama’ah? Pahalanya lebih gede lho, Pak, daripada sholat sendiri. Sayang kan ka ….”

“Sholat jama’ah apaan? Maghrib?! Masih entar! Dua jam lagi!” potong Si Bapak kesal.

Dia lalu berjalan. Gerutunya masih sempat terdengar.

“Jamil,Jamil. Adzan Ashar udah dari kapan tahu, dia baru ngomongin sholat jamaah sekarang!”

Jamil perlahan melihat ke anak-anak. Anak-anak memajukan mulut, kesal.

Anak yang ditarik tangannya oleh Jamil segera bereaksi,”Hu! Makanya kalo orang ngomong dengerin dulu!Mentang-mentang anak kecil!Main tarik aja lagi!Kita bertiga tadi dari sini, Bang! Udah mau pulang, eh dibawa lagi ke sini!”

Anak-anak yang lain merespon,”Huuu!”

Jamil meringis-ringis, malu. Anak –anak pergi dengan wajah kesal.

“Jadi, udah pada bubaran sholat. Pantesan sepi!” ucap Jamil lirih di antara rasa malu dan kesalnya.

“Hih! Kirain tadi tukang adzannye yang error, ternyata jam weker gua yang ngadat! Tengsin kan gua!”

Tidak menunggu lebih lama, Jamil segera jalan pulang, sambil tengok kiri-kanan dan menutup mukanya dengan sarung.

SELESAI

———————————————————————————————————————————————-

versi skenario

“MASJId kosong”

FADE IN

1. Ext.JALANAN sekitar masjid-SIANG.h1

Cowok A jalan santai (berkalung sarung)sambil membuka kopiah, merapikan jambul, senyum-senyum, pake’ kopiah lagi.

Cowok A melewati mobil. Dia berhenti,melihat ke spion mobil,ngaca,senyum-senyum.

Cowok A

Ganteng juga gua pake’ beginian! Enggak beda jauh sama Uje! He,he,he.

Anak-anak kecil lewat (pake sarung,koko,bawa buku). Mereka ngeliatin Cowok A yang ngaca senyum-senyum, bingung.

Anak 1

(berbisik)Ngapain Bang Jamil di situ?

Anak 2

(angkat bahu)Tahu!

Anak 3

(berbisik) Kaca di rumahnya pecah kali. Jadi ngaca pake spion.

Anak 1 & 2

(tampang sedih) Kasihan.

Anak-anak masih ngeliatin Cowok A.

Cowok A selesai ngaca, berdiri, sok.

Cowok A

(menggerakkan tangan membentuk huruf) U-JE. Ujang Jamil Kece. Ceileee! Gua emang paling bisa!He,he,he…

Cowok A melihat ke anak-anak.

Cowok A

Eh, ngapain kalian di sini? Bukannya ke mesjid, malah keluyuran!

Anak 1

Tapi, Bang …

Cowok A

(marah, memotong)Eh, mau ngeles lo?!Baju udah bagus gitu,bukannya buat sholat. Aaaa, elo pasti boong ye sama orangtua lo ye? Bilang mau ke mesjid, tahunya main!

Anak 2

Eh, kagak, Bang!

Cowok A

Eeeeeh, dasar anak bandel! Harusnya elo tuh latihan, sholat jamaah di mesjid! Biar kalo udah gede, kagak kagok!Contoh gua nih!

Anak 3

Tapi, kita kan …

Cowok A

Apa? Banyak PR?!Belum selesai belajar?! Alesan aje lo! Sholat mah kagak lama! Palingan juga lima menit, selesai!(menarik tangan Anak 3) Ayo!

Anak 3 kaget,tapi terpaksa ikut. Anak 1 & 2 bingung.

Anak 3

(jalan sambil noleh ke temannya) Heeeelp!

Anak 1 & 2 langsung jalan cepat nyusul.

CUT TO:

2. ext.jalan depan masjid-siang.h1

Cowok A (masih narik tangan Anak 3)sampai.Cowok A melepas tangan Anak 3. Anak 3 mengibas-mengibaskan tangan, pegal,ngos-ngosan. Cowok A melihat ke mesjid.

Cowok A

Kok sepi?

Cowok A maju selangkah,memperhatikan masjid yang sepi.

Anak 1 & 2 juga baru sampai, ngos-ngosan.

Cowok A

(geleng-geleng kepala, berlagak ustadz) Masjid sepi begini! Gimana bisa dapet berkah kalau enggak ada yang ngeramein?! Makmurin gitu! Ck, ck … padahal dulu jaman Rasulullah, jaman Khulafaur Rasyidin, masjid jadi pusat aktifitas. Ya sholat, diskusi masalah ekonomi, politik, keamanan, musyawararah demi kepentingan masyarakat … semua di masjid! Sekarang sih enggak! Mesjid sepi begini kaya’kuburan!

(camera pan) Anak 1,2,&3 saling pandang, meringis bingung.

Bapak A keluar.

BAPAK A

Eh, Mil! Assalamu’alaikum!

Cowok A

(kikuk) Wa … wa’alaikum salam. Loh, kok Bapak keluar?

Bapak A

Saya kan mau pulang.

COWOK A

Pulang? Bapak enggak ikut sholat jama’ah?Pahalanya lebih gede lho, Pak, daripada sholat sendiri. Sayang kan ka …

BAPAK A

(motong,kesal)Sholat jama’ah apaan? Maghrib?! Masih entar! Dua jam lagi!

Bapak A jalan.

Bapak A

(geleng-geleng kepala, menggerutu) Jamil,Jamil. Adzan Ashar udah dari kapan tahu, dia baru ngomongin sholat jamaah sekarang.

Bapak A terus jalan. (camera pan) Anak 1, 2, & 3 masam, monyongin mulut, kesal.

Anak 3

Hu! Makanya kalo orang ngomong dengerin dulu!Mentang-mentang anak kecil!Main tarik aja lagi!Kita bertiga tadi dari sini, Bang!Udah mau pulang, eh dibawa lagi ke sini!

Anak 1 & 2

Huuu!

Cowok A meringis-ringis, malu.Anak 3,1, & 2 pergi, kesal.

COWOK A

(lirih,meringis, malu) Jadi, udah pada bubaran sholat. Pantesan sepi!(kesal) Hih! Kirain tadi tukang adzannye yang error, ternyata jam weker gua yang ngadat! Tengsin kan gua!

Cowok A jalan pulang, sambil tengok kiri-kanan dan menutup mukanya dengan sarung.

FADE OUT

Cast

Cowok A (berkoko,celana kain, sarung, kopiah)

Bapak A (bersarung,berkoko,pakaian sholat lengkap)

Anak-anak(berkoko,bersarung, bawa buku)

Props: –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s